10 Karya Masuk Jadi Nomine Lomba Artikel SOLOPOS-BI

Setelah melalui tahapan penjurian pada Selasa (4/9) lalu di Griya Solopos, 10 karya penulis ditetapkan sebagai nomine pemenang lomba artikel kerja sama SOLOPOS dan Bank Indonesia (BI) Solo.

“Dari sepuluh nominator tersebut selanjutnya akan diputuskan tiga pemenang yang diumumkan pada awal Oktober mendatang,” terang Koordinator Acara Peringatan HUT ke-15 SOLOPOS, Rini Yustiningsih, Minggu (9/9).

Proses penjurian melibatkan Dewan Juri yang terdiri atas dosen Fakultas Ekonomi UMS Anton A Setyawan, Mega Nazaretha (Peneliti Ekonomi Bank Indonesia Solo) dan Wakil Pemimpin Redaksi SOLOPOS, Suwarmin. Hasil keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

Dalam lomba artikel ini, peserta mulanya terlihat malu-malu mengirimkan karya terbaik mereka. Namun menjelang penutupan masa pengiriman artikel, jumlah artikel yang dikirim peserta membeludak. Total ada 104 artikel yang masuk ke panitia, baik yang dikirim dalam bentuk fisik maupun soft copy via email.

“Banyak masyarakat yang antusias mengirim artikel, ini perkembangan bagus. Peserta datang dari berbagai daerah di Soloraya. Menariknya, banyak peserta yang menulis tentang kepemimpinan Jokowi,” ujar salah satu juri, Suwarmin.

Beberapa naskah ada yang sama-sama menjadi pilihan juri. Namun ada juga yang tidak sama. Terkait hal itu, Dewan Juri secara bersama-sama membedah artikel untuk didiskusikan bersama. Ada beberapa bobot penilaian yang menjadi pertimbangan, yakni orisionalitas dengan bobot 20%; alur, teknik penulisan, pilihan kata berbobot 20%; data pendukung 20% dan menawarkan ide baru paling tinggi bobotnya, yakni 40%. Mereka saling adu argumen untuk mencapai kata sepakat terhadap satu karya peserta lomba sebelum menetapkan layak tidaknya masuk 10 besar.

10 Nomine Lomba Artikel

Bramastia (Membangun Konektivitas Kebijakan di Solo Raya).

Lasinta Ari (Dampak Kemudahan Investasi bagi Eksistensi Pasar Tradisional).

Tiyas Nur Haryani (Rekonstruksi “Solo The Spirit of Java”).

Didik Gunawan Suharto (Memetakan Masalah Kerjasama Daerah).

M Fauzi Sukri (Soloraya Zona Ekonomi Integral).

Farid Achmadi (Solo the Spirit of Java Milik Bersama).

Eka Nada Shofa Alkhajar (Sinergi Soloraya dan Tourism Reinforcement).

Imam Subkhan (Membangun Soloraya yang Inklusif).

Thontowi Jauhari (Membangun Airport City di Bandara Adi Soemarmo).

Sartika Dian Nuraini (Gemah Ripah Soloraya).

“Soal kualitas, dapat dimaklumi jika akhirnya pemenang diraih mereka yang sudah biasa menulis untuk media. Namun bagi peserta yang belum berhasil, jangan putus asa. Kemampuan menulis bisa didapat dari banyak mencoba dan belajar,” tandasnya, tanpa menyebut nama-nama pemenang lomba. (Damar Sri Prakoso).

Sumber: Harian Solopos, 10 September 2012, hal. 7