Workshop Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Bersama Dr. Puji Lestari, SIP, M.Si

Kemampuan pengelolaan Jurnal Imiah menjadi salah satu kata kunci keberhasilan sebuah Jurnal Ilmiah dapat menjadi suatu wahana publikasi ilmiah dan intelektual yang baik. Kemampuan pengelolaan ini tentunya berkaitan dengan berbagai strategi yang dapat dijalankan dalam mengelola Jurnal Ilmiah. Bagaimana implementasinya dan bagaimana cara menghadapi berbagai hambatan yang bakal ditemui dalam proses pengelolaan Jurnal Ilmiah tersebut.

Workshop ini sendiri diharapkan mampu menjadi jawaban akan tantangan pengelolaan Jurnal Ilmiah yang baik dan benar sebagaimana diharapkan berbagai civitas pengelola Jurnal Ilmiah di lingkungan FISIP UNS ini. Workshop ini sekaligus pula menjadi pijakan yang berharga dalam sebuah ikhtiar ke depan di mana harapan bahwa semua Jurnal Ilmiah di lingkup FISIP UNS ini dapat menjadi Jurnal Ilmiah Terakreditasi Nasional sebagaimana berbagai Jurnal Ilmiah yang telah lebih dahulu menyandang predikat bergengsi tersebut.

Kegiatan ini sekali lagi merupakan ajang belajar dan menimba ilmu dari para pengelola Jurnal Ilmiah di lingkungan FISIP UNS dengan para pengelola Jurnal Ilmiah di luar khususnya mereka yang telah mampu mengelola berbagai jurnal mereka menjadi Jurnal Ilmiah Terakreditasi Nasional.

Alhamudulillah, workshop ini terlaksana dengan baik dan lancar kemarin, Kamis, 13 September 2012 di Ruang Seminar FISIP UNS. Selaku pembicara dalam hal ini adalah Dr. Puji Lestari, SIP, M.Si (Wakil Ketua Penyunting Jurnal Nasional Terakreditasi) telah memberikan bahasan dan pencerahan yang luar biasa mengenai bagaimana pengelolaan Jurnal Ilmiah yang baik serta bagaimana tips agar suatu Jurnal Ilmiah dapat menjadi sebuah Jurnal Nasional Terakreditasi.