The National Intermediate Training of HMI

Intermediate Training Tingkat Nasional

Kamis, 24 Mei 2012, saya mendapat kesempatan untuk berbicara dan sharing dengan para peserta Intermediate Training Tingkat Nasional yang diselenggarakan HMI Cabang Surakarta. Tema besar yang diangkat dari salah satu jenjang formal perkaderan di HMI ini yakni “Aktualisasi HMI: Penguatan Ideologi dan Misi Kader Menuju Indonesia yang Mandiri dan Berdaulat”. Kegiatan ini berlangsung dari 21-26 Mei 2012 bertempat di Gedung Insan Cita (GIC) belakang kampus UNS. Di mana diikuti oleh berbagai kader HMI se-Indonesia.

Paparan Materi

Memperoleh bagian mengenai pendalaman Ideopolstratak berkaitan dengan Neoliberalisme. Dalam forum ini saya memaparkan materi mengenai “Membongkar Nalar Neoliberalisme”. Saya menuturkan mengenai problematika kuasa asing yang bermain di negeri ini. Bahkan dapat dikatakan secara tidak sadar kita tak dapat lepas dari hal tersebut. Semisal, berbagai produk yang kita gunakan sehari-hari, kendaraan kita dan lain sebagainya.

Bersama Para Peserta

Neoliberalisme sangat berkaitan dengan Washington Consensus/The Neoliberal Washington Consensus oleh John Williamson dengan berbagai formula yang ditawarkannya. Lalu apakah neoliberalisme itu, apakah kebebasan atau pasar bebas? Jawabannya lebih dari itu, neoliberalisme merupakan suatu bangunan ideologi tentang manusia dan pengaturan masyarakat. Bahkan mungkin sudah menjadi Agama Baru.

Kenang-kenangan

Di forum ini pula, saya menyampaikan mengenai rona-rona dari implementasi neoliberalisme, three space of neoliberalism serta praktik tandingan dari neoliberalisme yang ada dan telah digagas oleh Hugo Chavez dan kawan-kawan melalui ALBA (Alinza Bolivariana para los Pubelos de Nuestra America/ Bolivarian Alliance for the Peoples of Our Americas). Di mana targetnya mencapai kemakmuran dan pemerataan pembangunan.