Buku Kedua (Keempat) Saya Telah Terbit!!!

 

Alhamdulillah, akhirnya buku saya yang berjudul Manusia-manusia Paling Misterius di Dunia telah terbit. Sebagaimana dijadwalkan penerbit yakni pada awal tahun 2012, atau tepatnya bulan Januari ini.

Dari informasi yang diberikan Penerbit BukuKatta, buku ini telah rilis dan beredar di wilayah Jabodetabek. Kebetulan rekan-rekan yang saya kabari sempat mengecek dan mengatakan bahwa benar buku tersebut sudah ada di Gramedia Jakarta.

Untuk wilayah-wilayah lain di Indonesia sejak minggu lalu masih dalam proses distribusi kemungkinan segera menyusul atau bahkan mungkin sudah sampai. Pembaca bisa mendapatkan buku ini di berbagai Toko Buku seharga Rp.30.000,-. Atau dapat pula langsung melalui Penerbit BukuKatta di sini.

Buku ini merupakan buku kedua saya dalam arti saya seorang diri menuliskannya. Buku pertama saya sebelumnya yaitu Pahlawan2 Yang Digugat (2008). Adapun buku kolaborasi saya yakni Anomi Media Massa (2009) dan Pelabuhan Terakhir (2011).

Buku Manusia-manusia Paling Misterius di Dunia ini berpijak bahwa banyak hal dalam dunia ini yang masih berselimut tabir misteri. Tak heran apabila muncul adagium “kehidupan kerap melahirkan enigma”. Dalam perjalanan waktu ada berbagai hal yang terungkap namun banyak pula yang masih tersimpan rapi dalam teka-teki.

Berawal dari upaya untuk menguak misteri terutama mengenai beberapa manusia yang tergolong misterius maka tulisan ini dimaksudkan untuk melacak dan mengurai mengenai perihal tersebut. Sehingga dapat dikatakan ikhtiar ini layaknya menguak mitos dan legenda yang selama ini masih menjadi tanda tanya, belum terungkap atau terpecahkan “unsolved mysteries”.

Kelebihan dari bahasan dalam buku ini adalah adanya penelusuran kembali melalui studi literatur (literature study) maupun studi dokumen (document study) untuk menghasilkan kebaruan informasi, penggunaan data update kontemporer maupun berbagai referensi yang ada serta disertai dengan analisis mengenai perihal tersebut sehingga menghasilkan lacakan yang sarat akan kekayaan data.

Selain itu, penulis juga tertarik untuk melihat fenomena pelbagai kisah misterius tersebut dari beragam sudut pandang semisal sejarah sampai komodifikasi dimana tidak dapat dipungkiri kisah-kisah tadi hingga saat ini senantiasa diawetkan, diproduksi ulang, dikemas, hingga dapat menjadi sebentuk komoditas yang laris dan laku untuk dijual. Semisal menjadi sebuah potensi wisata, festival ataupun produk-produk industri budaya (culture industry) seperti serial televisi, film, lagu, komik, kartun, game, dan sebagainya.

Buku ini menguak enam kisah manusia-manusia paling misterius di dunia: (1) Jack The Ripper: Sang Pembunuh Para Pelacur yang Tak Kunjung Terungkap; (2) King Arthur: Legenda atau Rekaman Sejarah Nyata?; (3) Man in the Iron Mask: Laki-laki Misterius di Balik Topeng Besi; (4) Nostradamus: Sang Ahli Nujum Kontemporer; (5) Robin Hood: Sang Penganut Althurism Sejati, Apakah Ia Pernah Ada?; (6) Uri Geller: Fenomena atau Tipuan?.

Pengantar Menyelami Buku ini klik di sini