Refreshing ke Ndalem Poerwahadiningratan

Ndalem Purwodiningratan

Usai berkutat dengan aktivitas kampus. Selasa (6/3) siang saya dan rekan saya mas Herwin berkunjung ke Mabes Ndalem Poerwahadiningratan milik Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA. Sebuah tempat eksotik nan penuh dengan rimbun semiotika–meminjam ungkapan mas Herwin.

 

Kunjungan ini merupakan realisasi rencana sehari sebelumnya dimana kami membuat janji berkunjung. Perjalanan ditempuh menggunakan sepeda motor sekitar 20 menit, kami sampai di lokasi pertama, yakni warung soto dimana Prof. Andrik sudah menunggu.

Tempat Pertapaan

Setelah santap siang, kami bertiga menuju Ndalem Poerwahadiningratan. Sesampainya di lokasi, kami memasuki gerbang Ndalem. Tepat di sebelah kiri kami langsung disambut oleh patung kepala singa yang menempel di dinding. Di balik patung itu ada tempat untuk bersemedi atau bertapa kemudian persis di depan tempat pertapaan itu terdapat ruang pengobatan herbal.

Mushala

Namun, apabila kita menengok ke kanan tatkala memasuki gerbang maka ada sebuah mushala tepat di sudut kanan. Bergeser sedikit ada tempat untuk duduk rileks di atas kayu jati. Sementara di tengah-tengah Ndalem atau tepat di depan pandangan kita apabila kita memasuki gerbang merupakan pusat galeri.

Sehingga dapat dikatakan bahwa Ndalem ini merupakan tempat galeri lukisan, tempat bertapa, tempat berdoa, tempat merenung dan tentunya tempat inkubasi kalau saya boleh menyebutnya demikian karena di tempat tersebut dapat menjadi ruang yang cocok untuk berdiskusi, membangun dialektika serta memproduksi pengetahuan.

Ruang Galeri

Konsep ruang dalam Ndalem Poerwahadiningratan ini merupakan perpaduan berbagai ranah kehidupan. Ada pepohonan, ada pernak-pernik oleh-oleh dari berbagai negara, ada ruang berkontemplasi ditambah berada di dekat persawahan yang kian menambah kesejukan mana kala berada di Ndalem ini.

Saya pribadi berharap ruang ini akan senantiasa menjadi ruang yang hidup serta produktif dalam memproduksi pengetahuan. Ruang yang menjadi rekam jejak perjalanan kisah hidup manusia dengan segenap ikhtiar dan problematikanya. Ke depan beberapa rencana sudah kami susun bersama Prof. Andrik terlebih untuk menggagas berbagai kajian serta model tugas akhir baru bagi mahasiswa ilmu komunikasi UNS khususnya. Kesan saya dalam kunjungan ini tidak lain adalah what a great place!!! dan sangat menyenangkan.