Konferensi Nasional Ilmu Komunikasi (KNIK) 2012

KNIK 2012

Pada Desember 2011 lalu, paper saya yang berjudul “Menguak Kerangka dan Konsepsi Komunikasi dalam Wayang Suket” diterima panitia untuk dipresentasikan pada Konferensi Nasional Ilmu Komunikasi (KNIK) 2012 yang berlangsung pada tanggal 9-10 Februari 2012 mendatang.

Namun saya tidak seorang diri, dosen senior saya di jurusan ilmu Komunikasi UNS seperti Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA, Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D, Dra. Sofiah, M.Si dan Sri Hastjarjo, S.Sos. Ph.D turut ambil bagian mengikuti forum ini. Alhamdulillah, justru malah menyenangkan karena kita semua berangkat bersama-sama. Ketika sampai di kampus Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang, Banten. Suasana kampus yang menarik hinggap di hati. Kampusnya bagus dan bersih.

Foto Bersama (UNS team in this picture: Saya dan Pak Hast)

Kami berlima kemudian langsung menuju ke Gedung D lantai 5 ruang 502 untuk mengikuti plenary session. Dalam kesempatan ini hadir Menteri Riset dan Teknologi, Prof. Dr .Ir .H. Gusti Muhammad Hatta, MS sebagai keynote speaker yang menyampaikan paparan bertema “Pentingnya Sumber Daya Manusia dan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Dalam Meningkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat” yang kemudian dilanjutkan dengan berbagai sesi selanjutnya bertema “Perkembangan Penelitian Komunikasi Indonesia di Era Global”. Adapun rundown lengkap acara dapat dilihat di sini.

Saya, Ibu Tiwi dan Pak Hast mendapat kesempatan di hari pertama untuk mempresentasikan paper. Sementara Prof. Andrik dan Ibu Sofi mendapat kesempatan di hari berikutnya. Setelah presentasi saya pamit pulang karena harus ke Pusat Film Usmar Ismail untuk mencari bahan penelitian saya. Sementara keempat dosen dan senior saya tersebut tinggal di hotel UPH (terletak di dalam kampus).

Pada acara penutupan, tim UNS tidak dapat mengikuti karena pukul 15.00wib harus sudah berada di bandara soekarno-hatta (soetta). Saya pun langsung ke soetta. Menunggu sebentar dan akhirnya bisa bersama-sama menuju ruang tunggu. Saat di ruang tunggu kami diberi kabar melalui Ibu Tiwi bahwa KNIK 2012 memilih tiga paper terbaik. Di mana dua diantaranya berasal dari UNS yakni karya saya dan Ibu Sofi. Alhamdulillah, kami pun berucap syukur dan akhirnya tak lama kemudian kami meluncur kembali ke Solo.

Sumber gambar di sini

Foto dari sini