Quo Vadis Mahasiswa?

Gedung Rektorat UNS

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMMADIKA) FKIP UNS menggelar General Orientation of Mathematics Education (GEOMETRIC) pada 25 September 2011. Kegiatan ini bertempat di GOR UNS. Pada wadah tersebut saya mendapatkan kesempatan dari panitia untuk sharing dengan segenap mahasiswa baru khususnya Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UNS.

 

Dalam kesempatan ini saya menyampaikan paparan bertema “Quo Vadis Mahasiswa?”. Saya menyampaikan bahwa keberhasilan masuk ke sebuah perguruan tinggi dan menyandang status mahasiswa bukanlah akhir dari sebuah perjuangan melainkan merupakan tahapan awal dari proses panjang kehidupan yang akan kembali dijalani. Mahasiswa baru sejatinya sedang melakoni masa transisi dari siswa menjadi mahasiswa sehingga dibutuhkan sebuah kemampuan adaptasi yang baik untuk dapat belajar di sebuah perguruan tinggi.

Selain itu, beberapa tips serta pengalaman mengenai belajar di perguruan tinggi juga saya sharingkan kepada segenap peserta GEOMETRIC. Tak lupa, saya turut berpesan kepada teman-teman mahasiswa baru yang begitu menyenangkan tersebut untuk tetap menjaga tiga tradisi yaitu membaca, berdiskusi dan menulis.

 

Sumber gambar dari: usmitb.com