Komunikasi Massa

Tugas Mata Kuliah

1. Setiap pertemuan kelas akan diawali presentasi materi dari perwakilan kelas minimal 3 orang terkait dengan topik bahasan yang telah ditetapkan sebelumnya.

2. Review materi bahasan kelas minimal 3 buku (boleh lebih) mengenai “Proses Komunikasi Massa” dan “Audiens Media“. Masing-masing Maks. 2 halaman. Gunakan teknik pengutipan catatan kaki (footnote). Tuliskan pula daftar pustaka dari referensi yang digunakan. Tugas (print out) dikumpulkanRabu, 6 November 2013 di sekretariat non-reguler. Keterlambatan pengumpulan tugas akan terkena penalti pemotongan nilai 50%. Ini berlaku untuk seluruh tugas ke depan.

3. Pertemuan kelas pada Senin, 4 November 2013 diganti menjadi belajar mandiri khususnya untuk materi bahasan kelas ke depan.

4. UKD akan dilaksanakan pada Senin, 11 November 2013. Mulai pukul 19.00 WIB. Materi UKD mencakup bahasan “Komunikasi Massa” (1 soal), “Ciri-ciri Komunikasi Massa” (2 soal) dan “Media sebagai Institusi (2 soal).” UKD ini bersifat teoritik jadi pastikan untuk membaca bahan materi sebaik mungkin. Berbeda dengan UKD 2 yang dominan bersifat penalaran.

5. Untuk pertemuan selanjutnya, teman-teman sudah dapat melanjutkan review materi bahasan kelas minimal 3 buku (boleh lebih) mengenai “Fungsi Komunikasi Massa” dan “Dampak Media“. Masing-masing Maks. 2 halaman. Gunakan teknik pengutipan catatan kaki (footnote). Tuliskan pula daftar pustaka dari referensi yang digunakan. Tugas (print out) dikumpulkan Senin, 18 November 2013 di kelas.

6. Jadwal UKD 2 direncanakan akan dilaksanakan pada Senin, 9 Desember 2013. Berjumlah 1 soal. Dan berasal dari seluruh materi semenjak awal (Komunikasi Massa) hingga (Audiens Media) (Akan dilaksanakan setengah jam sebelum pertemuan kelas berakhir).

7. Untuk UKD 3, teman-teman diminta untuk membentuk kelompok (4 kelompok) guna mengamati media (praktik lapangan).

– Kelompok 1 berkenaan dengan “Supeltas” (Solopos dan Joglosemar)

– Kelompok 2 berkenaan dengan “Karikatur dan Isu Nasional” (Solopos)

– Kelompok 3 berkenaan dengan “Karikatur dan Isu Lokal/Daerah” (Solopos)

– Kelompok 4 berkenaan dengan “Pelayanan Publik dan Rubrik Rakyat Bicara” (Joglosemar)

Inti bahasan ini adalah bagaimana media menjalankan fungsi komunikasi massa berkenaan dengan keempat tema pokok tersebut. Gunakan minimal10 buku untuk mengulasnya. Format tulisan adalah esai ilmiah populer, mengenai hal ini akan dibahas lebih lengkap di kelas pada pertemuan Senin, 9 Desember 2013. Tahap awal adalah menginventarisir bahan. Bahan tersebut bisa didapatkan di Monumen Pers Surakarta. Bahan dikopi atau difoto dengan kamera digital (bebas saja). Bahan-bahan ini nantinya dilampirkan pada laporan akhir (lengkap dengan tanggal edisi dan halaman berapa). Semakin banyak bahan (korpus) semakin bagus karena materi untuk menuliskan semakin kaya dan lengkap. Laporan akhir dikumpulkan Senin, 16 Desember 2013 di sekretariat non-reguler.

8. Sementara nilai untuk UKD 4, sebagaimana telah dibahas di kelas akan diambil dari presensi kehadiran yang nilai maksimalnya adalah 80 (100% kehadiran).

Nilai Akhir = (UKD1+UKD2+UK3+UKD4) : 4

Selamat berproses.

INFORMASI HASIL ASSESSMENT AKHIR
Setelah melakukan assessment terhadap berbagai tugas, aktivitas kelas maupun kehadiran. Hasil dari kelas Komunikasi Massa dinyatakan LULUS (44 orang) dan Tidak LULUS ( 1 orang). Adapun variasi nilai yang sedianya akan diposting di sini, saya memilih untuk menundanya menyesuaikan jadwal institusi. Namun, silakan kalau memang ingin melihat langsung di arsip saya. Terima kasih. Selamat berproses kembali!

 

Beberapa Bahan Bacaan

Bittner, John R. 1996. Mass Communication. Boston: Allyn and Bacon.
Black, Jay and Frederick C. Whitney. 1988. Introduction to Mass Communication. Iowa: Wm.C. Brown Publisher.
DeFleur, Melvin L. 1988. Understanding Mass Communication. Boston: Houghton Miffin Company.
Dominick, Joseph R. 2005. The Dynamics of Mass Communication. New York: Random House.
Fisher, Aubrey. 1986. Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Rosda.
Mursito BM. 2006. Memahami Institusi Media. Solo: Spikom.
Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Rakhmat, Jalaluddin. 1985. Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda.
Rivers, William L, dkk. 2003. Media Massa dan Masyarakat Modern. Jakarta: Prenada Media.
Tubb, Stewart L. 2000. Human Communication. Bandung: Rosda.